Kakalight.org. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Siasati Bad Mood


Mood sangat menentukan timbul tenggelamnya semangat dan motivasi dalam diri kita untuk melakukan dan menyelesaikan sebuah kegiatan atau persoalan. Ketika kita mengikuti mood, proses dan hasil kerja kita juga tergantung kepada kondisi mood itu. Moody ini tidak bisa dibiarkan begitu saja sebagai sebuah siklus diri, tetapi harus dikendalikan dan diarahkan dengan benar agar tidak
mengubah kita menjadi depresi. Memperbaiki bad mood, serta meningkatkan good mood merupakan cara efektif untuk menjaga kelangsungan hidup motivasi dalam diri kita.
Bagaimana cara memperbaiki dan meningkatkan mood dalam aktivitas kita?

Perlu diketahui bahwa mood merupakan efek dari suasana hati, sehingga mengelola hati merupakan bengkel progresif bagi perbaikan dan peningkatan mood. Selain karena faktor internal suasana hati kita, mood juga dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti kondisi lingkungan sosial, kondisi cuaca atau hubungan personal dengan pasangan kita. Faktor lain yang berpengaruh ialah asupan gizi dalam makanan yang kita konsumsi, serta pola hidup yang kita realisasikan dalam kebiasaan kita sehari-hari. Kendali mood ialah sistem kerja otak, sehingga kemampuan kerja otak yang maksimal mempengaruhi stabilitas mood kita. Oleh karena itu, untuk memperbaiki bad mood dan meningkatkan good mood diperlukan cara yang sinergis antara hati, otak dan tubuh kita.


Bad mood atau suasana hati yang kurang bersemangat tentunya pernah melanda siapa saja. Perasaan ini biasanya muncul setelah masa liburan usai. Dan diperparah jika esok hari harus kembali kerja dan bergelut dengan segala kesibukan yang menguras energi.

Mood yang kurang baik tentunya akan berdampak pada penurunan produktivitas kerja. Anda tidak mau hal ini terjadi bukan? Nah, untuk kembali memperbaiki mood Anda, ada beberapa tips untuk mengatasinya, yaitu:


Rapikan Tempat Tidur Anda


Awali pagi dengan merapikan tempat tidur. Merapikan tempat tidur lebih awal akan mempermudah Anda beristirahat lebih cepat sepulang kerja nanti. Tanpa harus merapikan tempat tidur terlebih dahulu.


Bawalah Bekal


Sebelum berangkat kerja, sempatkan untuk membawa bekal makanan seperti buah-buahan segar. Menjelang siang saat energi mulai menurun, sensasi segar buah-buahan akan mengembalikan energi dan konsentrasi Anda.


Bersihkan Meja Kerja


Bersihkan meja kerja dari segala sampah yang dapat menganggu konsentrasi Anda saat bekerja. Meja yang bersih dan rapi akan memberikan energi positif bagi Anda.


Dengarkan Musik


Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan mendengarkan musik saat bekerja dapat menurunkan stres dan memperbaiki mood. Tentunya dengan pemilihan musik yang tepat sesuai dengan kebutuhan.


Hirup Aroma Lemon


Sebuah penelitian di Jepang menyebutkan bahwa, dalam lemon terdapat zat linalool yang berguna sebagai anti inflamasi dan membantu meredakan stres. Aroma tumbuhan lain seperti kemangi dan lavender juga memiliki khasiat meredakan stres yang sama hebatnya.


Lakukan Peregangan


Anda tidak perlu melakukan gerakan yoga di tempat kerja Anda. Cukup lakukan peregangan ringan dari tempat duduk Anda. Caranya, regangkan kedua tangan Anda lurus ke atas atau ke depan selama beberapa detik. Latihan ini akan kembali melancarkan peredaran darah dan membuat Anda kembali segar.


Latihan Pernapasan


Sama halnya dengan latihan peregangan, Anda bisa lakukan latihan ini dari kursi Anda. Ambilah posisi yang nyaman, dengan mata terpejam, tarik napas panjang dari hidung, kemudian keluarkan dari mulut secara perlahan. Latihan ini sangat efektif dan bisa dilakukan kapan saja untuk mengusir stres.


Prioritaskan yang Terpenting


Dari sekian banyak pekerjaan yang menumpuk, Anda cukup mencatat secara berurutan pekerjaan apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Selesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu sebelum mulai mengerjakan yang lain, agar konsentrasi Anda tetap terjaga.

Memakan cokelat

dalam kondisi bad mood cokelat bisa meningkatkan rasa senang. Akan tetapi, makanlah cokelat ketika kita merasa bad mood atau depresi saja karena jika dikonsumsi secara teratur bisa menyebabkan kegemukan. Ketika mengatasi sesuatu, jangan sampai menimbulkan sesuatu yang baru. 


Minum Segelas Air

Minum segelas air di antara rutinitas kita, jangan langsung ditenggak, tahan selama 5 detik agar rongga-rongga kita mendapat asupan air. Dehidrasi bisa menyebabkan tubuh lesu, malas dan mood kita juga ikut loyo.


Mengunyah daun sirih
Selain mengandung antiseptik yang bisa menghilangkan bau mulut, penyakit gigi dan gusi, serta membersihkan organ kewanitaan, sirih dipercaya memiliki efek menenangkan dan membantu konsentrasi. Konsentrasi dan ketenangan bisa memperbaiki dan meningkatkan mood kita. Pantas saja daun sirih merupakan tumbuhan yang direkomendasikan sebagai bahan aromaterapi alami bersama rempah-rempah lainnya karena bisa merelaksasi tubuh dan pikiran kita.


Perbanyak Berjemur di matahari pagi

Bersahabatlah dengan sinar matahari pagi. Biarkan tubuh terkena paparan sinar matahari pagi, minimal 5 menit setiap hari. Sinar matahari akan menstimulasi neurotransmitter di otak kita, seperti serotonin dan dopamin, yang berfungsi meningkatkan motivasi, semangat dan mood kita. Memulai hari dan aktivitas kita dengan mood, motivasi dan stamina yang prima tentu membuat hari dan aktivitas kita lebih menyenangkan.


Senyum tulus dan tertawa bahagia. 

Tersenyum membuat kita merasa rileks dan positif bahkan terlihat cantik, dan tertawa bisa melepaskan beban yang menekan. Perasaan ini dapat mengubah suasana hati kita menjadi lebih nyaman, dan good mood akan kembali menyapa kita.


Sense Humor

Peliharalah sense of humor kita dengan menyempatkan diri untuk sekedar bercanda ringan dengan teman atau pasangan, dan menonton acara lucu dan segar (tidak jorok). Rasa senang, terhibur dan gembira akan meningkatkan kinerja hormon-hormon penggerak dan pengendali mood kita.


Tidur

Sempatkan tidur selama 20 menit ketika kita benar-benar merasa tertekan, stress atau depresi. Usahakan untuk tidak lebih atau kurang agar tidak pusing dan uring-uringan. Sebaiknya, jadwal tidur normal juga tidak terganggu agar kondisi tubuh menunjang suasana hati dan pikiran kita. Tidur bisa mengembalikan kesegaran pikiran dan perasaan, sehingga mood ikut fresh.


Olahraga

Sempatkan untuk berolahraga ringan setiap hari, seperti jalan kaki di pagi hari. Udara segar akan memaksa otot dan pikiran berpikir positif dan menikmati kehidupan, sehingga mood kita pun ikut bangkit.


yuk, kita perbaiki mood untuk produktivitas kerja yang lebih baik. semoga tips-tips diatas bisa membantu memperbaiki mood kita.

0 comments:

Posting Komentar

ShareThis

\