Kakalight.org. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pisang, Camilan Sehat untuk Cegah Kram Otot


Pisang adalah makanan sehat yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan bisa disantap setiap saat. Selain mudah dibawa kemana saja, pisang juga kaya kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan. Pisang memiliki tekstur yang lembut serta kaya akan berbagai nutrisi penting, sehingga dapat dijadikan camilan yang tepat saat berdiet.

Selain untuk program diet tersebut, buah pisang juga memiliki manfaat-manfaat penting lainnya, antara lain:


  • Mengobati tekanan darah tinggi, buah pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi namun kadar garam yang rendah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan penyakit stroke.
  • Buah pisang mampu meningkatkan konsentrasi, buah ini mengandung kalsium yang tinggi sehingga sangat baik untuk meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.
  • Pisang dapat mengobati sembelit, karena mengandung kadar serat yang tinggi sehingga mampu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit tanpa harus menggunakan obat-obatan berbahaya.
  • Mencegah mual pada ibu hamil, mengemil pisang dapat membantu menjaga kadar gula dan mencegah mual pada ibu yang sedang hamil.
  • Mengobati maag dan luka usus, pisang dapat menetralisir iritasi pada bagian perut dan membantu mengatasi ulkus over-kronis.
  • Mengendalikan suhu tubuh, buah ini dapat berfungsi sebagai makanan pendingin yang dapat memperbaiki fisik dan tingkat emosional ibu. 
  • Membantu untuk berhenti merokok. Bagi yang ingin berhenti merokok, pisang adalah solusinya. Karena mengandung vitamin A, C, B6, dan B12. Bersama kalium dan magnesium membantu tubuh sembuh dari efek racun nikotin rokok.
Tidak ada salahnya kita mengkonsumsi pisang setiap hari untuk mendapatkan manfaat buah secara maksimal. Selain kenyang, juga menyehatkan tubuh. Biasanya pisang di santap sebagai makanan penutup setelah makan. Namun pisang juga bisa di makan sebagai cemilan setiap saat, atau dibuat jus. Semoga postingan tentang  manfaat pisang bisa bermanfaat untuk Anda.

Tak hanya membantu keberhasilan program diet, ternyata pisang juga bermanfaat bagi kesehatan otot Anda, terutama saat Anda mengalami kram atau kejang otot. Kram bisa terjadi kapan saja, baik saat berjalan, duduk, berolahraga atau kegiatan lainnya. Kram biasanya terjadi pada otot perut dan otot betis. Kram juga bisa terjadi pada paha dan jari-jari kaki.

Secara umum, kram otot bukan masalah yang berbahaya, tetapi pada kasus tertentu bisa menjadi gejala dari masalah lain seperti penyakit arteri perifer atau masalah tulang belakang. Intensitas kram akan makin sering terjadi karena bertambahnya usia ataupun pada saat kehamilan. Mengkonsumsi pisang bisa menjadi solusi saat kram kambuh. Meski khasiatnya tidak bisa dirasakan secara langsung, tetapi pisang dapat membantu mencegah dan meredakan kram otot anda.

Pisang merupakan makanan yang kaya akan kalium. Kalium adalah elektrolit yang membantu mengontrol keseimbangan cairan dalam sel tubuh. Tubuh dapat kehilangan keseimbangan cairan akibat keluarnya air melalui keringat, yang dapat memicu penyusutan otot dan kram.

Bersama dengan garam, kalium berperan dalam pengiriman sinyal menuju sistem syaraf. Proses ini biasa disebut sebagai impuls syaraf. Proses tersebut berguna dalam menjaga kontraksi otot saat latihan, terutama latihan beban. Nah, untuk mencegah kram saat kontraksi otot terjadi maka tubuh memerlukan bantuan dari kalium dan air dalam kapasitas yang cukup.

1 buah pisang biasanya mengandung sekitar 450-470 mg kalium, yang dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh akan kalium sebanyak 15%. Kalium juga memainkan peran dalam fungsi jantung, kontraksi otot rangka, serta meningkatkan fungsi pencernaan. Selain pisang, ada beberapa makanan lain yang kaya kalium sehingga juga efektif untuk mencegah Anda dari kram otot, di antaranya asparagus, alpukat, kacang-kacangan, wortel, bayam, dan masih banyak lagi.

Tak hanya efektif untuk mencegah kram otot saat latihan, buah pisang juga berperan penting dalam mencegah penyakit berbahaya lain seperti, hipertensi, keropos tulang, mencegah kanker, membantu penyerapan zat gizi dalam tubuh, anti inflamasi, dan menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Dengan manfaat yang begitu besar, tidak ada salahnya jika Anda selalu mengkonsumsi pisang baik sebelum latihan ataupun saat tubuh membutuhkan camilan sehat.

0 comments:

Posting Komentar

ShareThis

\